Jumat, 16 Oktober 2009

Proses Pembelajaran

Ass. Para pembaca blog, hari ini aku mendapat tambahan pengetahuan baru., hasil nyuri – nyuri dengar pembicaraan dosen - dosen sambil part time., he…. He….
Dari diskusi tersebut, salah satu dosenq, bapak Dwi Priyo Utomo dan mba mina menjelaskan bahwasanya pendidikan sekarang ini lebih menekankan pada prosedur pembelajaran ketimbang pemahaman konsep pembelajaran. Anak didik pada saat ini cenderung diajarkan bagaimana caranya menyelesaikan soal ketimbang mengapa soal tersebut diselesaikan dengan cara demikian. Misalkan pada pembelajaran matematika, persoalan 1:(1/2), anak – anak lebih diajarkan cara membagi 1 dengan ½ yakni pecahan ½ dibalik menjadi 2/1 dan pembagi dibalik menjadi perkalian dibandingkan menanamkan pemahaman kepada siswa bahwa jika operasi pembagian pada suatu pecahan, langkah yang harus ditempuh adalah bagaimana mengubah penyebut pecahan tersebut menjadi 1 atau dengan kata lain bagaimana cara mengubah operasi bilangan pecahan tersebut menjadi bilangan cacah. Hal tersebut kedengarannya simple karna pada dasarnya tujuannya sama yakni membuat anak dapat menyelesaikan soal tersebut. Namun perlu digarisbawahi bahwa pemahaman tersebut dapat berakibat fatal pada kesalahan – kesalahan konsep matematika lainnya mengingat konsep – konsep matematika saling terkait satu dengan yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar